Five Minutes Rules untuk melawan Prokrastinasi

Manusia akan cenderung menghindari sesuatu yang mungkin akan menjadi tidak menyenangkan pada akhirnya. Menghindar dari suatu pekerjaan yang mungkin tidak menyenangkan akan memberikan perasaan lega

by | Aug 6, 2022 | Article

Menunda suatu pekerjaan adalah sebuah kebiasaan / sifat alami seorang manusia. Manusia akan cenderung menghindari sesuatu yang mungkin akan menjadi tidak menyenangkan pada akhirnya. Menghindar dari suatu pekerjaan yang mungkin tidak menyenangkan akan memberikan perasaan lega, semakin sering merasa lega maka akan semakin sering menghindari sebuah pekerjaan. Semakin sering kita menghindari sebuah pekerjaan akan semakin cemas kita dalam menunda-nunda pekerjaan. Hal negatif ini menjadi sebuah siklus penundaan yang berbahaya. Untuk memecah siklus penundaan ini gunakan aturan 5 menit.

Apa itu aturan 5 menit ? Aturan 5 menit adalah sebuah teknik cognitive-behavioral untuk melawan keinginan untuk menunda sebuah pekerjaan. Sederhananya Aturan 5 menit adalah melakukan hal yang ingin kita tunda selama 5 menit, setelah 5 menit silahkan berhenti jika merasa tidak nyaman / menginkan, Sebagian besar orang-orang akan melanjutkan pekerjaannya setelah melewati 5 menit tersebut.

Bagaimana aturan 5 menit ini dapat merusak siklus penundaan ? Membuat sebuah pekerjaan menjadi 5 menit memberikan presepsi bahwa pekerjaan tersebut akan mudah dilakukan dan tidak terasa sebagai pekerjaan yang sulit. Setelah memulai pekerjaan selama 5 menit maka pikiran kita akan lebih fokus terhadap pekerjaan tersebut dan pekerjaan dapat diselesaikan.